Diagonal Select - Hello Kitty 2

Rabu, 06 Juli 2011

taman-taman dikorea



Anapji.

Sejarah mengenai taman dalam kehidupan rakyat Korea pertama kali tertulis dalam catatan sejarah Tiga Kerajaan Samguk Yusa namun dengan bumbu-bumbu mistis. Contohnya pada tahun ke-6 masa berkuasanya Raja Dongmyeong (32 SM) di kerajaan Goguryeo terdapat taman istana yang menarik perhatian burung merak dari langit. Pada zaman Baekje, sebuah taman bunga teratai digali di sebelah selatan istana dan air dialirkan dari 4 km jauhnya untuk mengisi kolam tersebut. Sementara di Silla disebutkan kecantikan taman istana di ibukota Seorabeol menarik perhatian seekor naga

Konsep

Pendopo Hyangwonjeong, Istana Gyeongbok.
 
 
Taman Korea memiliki kesamaan dengan taman Cina dan Jepang, yaitu sama-sama menerapkan konsep Taoisme.Taman Cina membentuk mikrokosmos, "dunia dalam versi kecil", sementara taman Jepang dibuat dalam bentuk alam secara miniatur. Namun, taman Korea menolak konsep tiruan dan membiarkan alam sebagaimana adanya.Karena negeri Korea penuh dengan bukit, bebatuan dan sumber air maka elemen dasar untuk menciptakan taman telah terbentuk sehingga cenderung dipertahankan dalam bentuk yang paling asli. Fondasi pembuatan dengan cara ini telah dipraktikkan sebagai penghormatan terhadap alam.
Taman Korea yang sederhana dan tak dipaksakan, ditanami pohon berdaun lebar dengan sedikit tanaman hijau tahunan di sana-sini agar bisa menampilkan perubahan alam dan harmoni di dalamnya.

Elemen air

Mata air Ongnyucheon, Huwon.
 
Orang Korea menggunakan elemen air secara bijak dalam kehidupan mereka. Kaum terpelajar pada zaman kuno mencari kedamaian jiwa pada air yang tenang di kolam dan menikmati tanaman yang tumbuh di taman. Mereka senang mendengar suara air dan menyepi untuk menjauhi kehidupan duniawi. Air dijadikan dianggap dapat membersihkan jiwa dan pikiran, sehingga di Korea kata seshim ("membersihkan pikiran") sering dijadikan nama kolam dan pendopo. Air mengisi bentuk kolam dan di tengahnya dibuat pulau dengan pohon atau chungdo (bale kambang). Ini didasarkan dari pemikiran Taoisme, shinson.

Taman-taman dan kolam terkenal

Paviliun Juhamnu, Istana Changdeok.
 
 
Taman-taman terkenal Korea banyak yang berasal dari zaman Dinasti Joseon (1392-1910) dan masih dipelihara dengan baik sampai kini. Berbagai situs taman dari zaman kuno sudah dikonstruksikan kembali menjadi objek wisata terkenal, sebagian besar dari situs taman asli Baekje atau Silla yang menampilkan ukuran besar-besar. Beberapa taman terkenal antara lain:
  • Taman Seongnakwon di Seoul. Bergaya Joseon, dibangun pada masa pemerintahan Raja Cheoljong.
  • Taman Soswaewon di Damyang, Jeolla Selatan.
  • Taman Gwanghalluwon di Namwon, Jeolla Utara.
  • Taman Buyong di Pulau Bogil, tempat favorit penyair dari Joseon, Yun Seon-do (1587-1675).
  • Taman Seodong di Buyeo, situs kolam bersejarah Gungnam (Gungnamji) yang dibangun atas perintah Raja Mu.
  • Kolam Anap (Anapji), kolam besar yang dibangun pada tahun ke-4 pada masa pemerintahan Raja Munmu (661-681).

Huwon

Huwon.
Huwon adalah taman yang terletak di bagian belakang Istana Changdeok dan merupakan taman utama bergaya Joseon.Taman ini dipenuhi hutan dan aliran mata air alami. Walau tampak tenang, taman ini berada tak jauh dari pusat kota Seoul.

sumber artikel : wikipedia

shared : dhicca, dunia asia

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

all about me

Foto saya
welcome to my blog blog ini menyediakan berbagai sajian khusus all about asian stars, khususnya fashion and style, real fact celebrities, foto-foto pre-debut dan masa kecil asian stars, juga info-info menarik lainnya. apabila yang kalian cari tidak ada diblog saya, silahkan request di kolom komentar or di kolom chat. mohon jangan menjadi pembaca gelap yaa^^ tetap harus tinggalkan jejakmu dikolom komentar atau chat demi menyemangati pembuat blog^^ silahkan copas info yang ada disini dengan catatan menyertakan link hidup dari blog ini^^ dhicca

My Blog List

My Journey

My Journey

Term of Use

http://2.bp.blogspot.com/-82VW8oB9KPQ/TwWccng_CiI/AAAAAAAAABM/C1W2cI5O6Yg/s1600/584776qvkek99ty3.gifdunia asia Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino | Blogger Styles | Best Credit Card Offers