Diagonal Select - Hello Kitty 2

Sabtu, 28 Mei 2011

Cerita Cinderella Di Serial Korea


Image
Koreanstars edisi 60 - ASAL TAHU
     Siapa yang tidak tahu cerita di dongeng Cinderella? Dongeng dunia yang tak lekang waktu ini menjadi topik paling sering dijadikan ide cerita, termasuk beberapa serial Korea. Lihat saja serial Korea seperti Love into Your Heart, All About Eve, Lovers In Paris, Boys Before Flowers, dan lainnya. Berikut ini beberapa serial Korea yang mengadaptasi konsep Cinderella di dunia modern.
Jika Cinderella Adalah Pria
Image     Tidak ada banyak cerita bertema Cinderella di film dan serial Korea sampai pertengahan abad ke-20. Film seperti Arirang (1926) yand disutradarai oleh Na Woon Kyu, sebagian besar menceritakan para laki-laki frustrasi dan istri mereka yang menyedihkan. Pada tahun 1960, industri film Korea mulai mengembangkan konsep cerita Cinderella yang diperankan oleh laki-laki, bukan wanita. Sebagian besar film remaja yang dibuat beberapa tahun ini, termasuk The Barefooted Young (1964) yang dibintangi Sin Seong Il dan Um Aing Ran menunjukkan kisah cinta antara seorang gadis dari keluarga kaya dan laki-laki miskin. Pada kenyataannya, semua orang tahu bahwa cerita Cinderella hanya bisa dijumpai dari buku cerita roman klasik. Tapi di tahun 1990- an, ketika perekonomian Korea berkemban pesat, cerita Cinderella dihadirkan lagi dengan konsep yang berbeda.
Love Into Your Heart Jadi Pioner Serial Berkonsep Cinderella
Image     Serial pertama dengan konsep cerita Cinderella adalah Love into Your Heart (1994). Karakter utama wanita dibuat berbeda dari karakter gadis pemalu yang biasanya dikenal sebagai Cinderella. Zaman yang semakin modern membuat perempuan lebih percaya diri dan berani. Serial ini menceritakan optimisme, ambisi dan keceriaan seperti yang ada di karakter anime Jepang, Candy. Love into Your Heart menjadi ispirasi untuk serial Korea yang mengadopsi plot Cinderella. Berbeda dengan serial sebelumnya yang berfokus pada karakter gadis baik yang mendambakan cinta dan karier, serial ini baru menunjukkan karakter wanita juga bisa menjadi karakter antagonis untuk mencapai impiannya. Lihat saja serial Tomato (1999 ) dan All About Eve (2000). Tetapi terlepas dari apakah karakter wanita yang baik hati atau jahat, hal yang lebih utama adalah kedua jenis karakter itu sama-sama ulet dalam mewujudkan tujuan mereka. Sementara karakter aktor utama memainkan peran pendukung selain menjadi panutan aktris utamanya.
Serial Tentang Ambisi Wanita
Image     Setelah krisis keuangan Asia berakhir, kehidupan tidak segera membaik untuk para wanita di serial atau dalam kehidupan nyata. Komedi romantis seperti Cat on the Roof (2003) sangat populer, tetapi keberhasilan mereka tidak berlangsung lama. Mulai tahun 2004, karakter Cinderella di opera sabun dan film bukanlah perempuan berkemauan keras dari tahun 90-an yang ingin meraih sukses sebagai desainer modern atau pemarah. Masyarakat menyadari betapa tidak realistis memiliki semua impian itu. Karakter aktris utama di serial Lovers di Paris diceritakan menarik tetapi tidak memiliki banyak ambisi, serta jatuh cinta dengan seorang pria kaya. Oleh karena itu, plot serial berubah menjadi dongeng manis. Sebaliknya, karakter perempuan dalam What Happened in Bali adalah wanita yang mengejar uang dan akhirnya dibunuh oleh orang yang dicintainya. Dia tidak memiliki uang dan tidak terdidik.
Image     Meskipun serial-serial ini memiliki plot dan karakter yang berbeda, tapi karakter wanitanya kurang memiliki kepercayaan seperti drama tahun 1990-an yang bermimpi mengejar karir profesional dan memiliki seorang pendamping ideal disamping mereka. Ketika serial dengan keglamoran ala tahun 90-an mulai memudar, orang-orang mulai menikmati versi yang lebih dikenal masyarakat, seperti karakter dalam serial My Name is Kim Sam Soon (2005). Kecenderungan lain yang muncul selama periode ini adalah cerit yang tidak masuk akal, tapi kembali pada topic kisah cinta antara seorang gadis miskin dan pria kaya. Mulai dari serial Sweet 18 (2004), Princess Hours (2006), Boys Before Flowers (2006), You’re Beautiful (2009), semua menggambarkan seorang gadis kekanak-kanakan menikah atau hidup dengan seorang pria dari keluarga prestisius, seorang selebriti, seorang pangeran atau anak seorang keluarga konglomerat.
Secret Garden
Image     Serial Secret Garden yang ditayangkan SBS juga mengadopsi cerita Cinderella, tetapi juga menyajikan realitas pembagian kelas dan plot cinta yang mustahil untuk dijalani. Serial ini mencapai popularitasnya karena akting menarik Hyun Bin dan Ha Ji Won yang dikemas dengan manis di Korea, menampilkan cerita Cinderella baru untuk abad modern. Sepanjang tayangnya, serial fantasi ini disukai pemirsa karena plot yang fantastis, karakter pemain sangat pas dimainkan oleh aktor terkenal. Rating utama mencapai 35,2 % untuk episode terakhir dan
rata-rata 30 persen untuk keseluruhan.
Image     Aspek yang paling menarik dari serial Secret Garden, selain dari plot yakni kembalinya cerita Cinderella yang telah memiliki sejarah panjang dalam serial Korea. Tentu saja ada batasan dari dongeng klasik lintas batas geografis dan budaya, tetapi cerita Cinderella sangat dimungkinkan untuk dibuat alur yang variatif. Keberhasilan Secret Garden didasarkan tidak hanya pada popularitas sebagai cerita Cinderella modern tapi juga karakter tokoh dalam cerita Cinderella yang berpikiran maju.
Fantasi Kalahkan Realitas
Image     Cerita Secret Garden dinilai jauh dari kenyataan. Serial ini menceritakan tentang Kim Joo Won (Hyun Bin), seorang CEO (34th) yang arogan dan memiliki sebuah Departemen Store. Karena sebuah kesalahpahaman, Joo Wan berkenalan dengan Gil Ra Im (Ha Ji Won) yang akhirnya mencuri hatinya. Namun Ra Im terus menolaknya dan akhirnya Joo Wan pun memutuskan untuk melupakan Ra Im, apalagi Ra Im terlihat begitu mengagumi sepupunya, Oska (Yoon Sang Hyun) yang seorang selebriti.
Image     Pada suatu hari Joo Won dan Ra Im tersesat di sebuah hutan dan mereka menemukan sebuah resto misterius bernama Secret Garden. Pemiliknya memberikan minuman kepada mereka berdua yang membuat mereka berdua bertukar jiwa. Jadi jiwa Joo Won ada ditubuh Ra Im sementara jiwa Ra Im ada di tubuh Joo Won. Yang membuat cerita ini sama sekali berbeda dari yang lainnya adalah mengakui untuk pertama kalinya bahwa perbedaan kelas itu nyata dan ada di Korea. Dua karakter utama tidak mampu membayangkan hidup di kelas yang berbeda dari kelas mereka sendiri, dan cerita mereka beralih tubuh dinilai sangat mengkhayal. Di Korea, stratifikasi sosial telah menetapkan ini, dibuktikan dengan naiknya generasi ketiga dari keluarga konglomerat yang berkuasa. Dengan latar belakang ini, orang miskin bisa menjadi kaya, mengangkat status sosial mereka dengan perkawinan. Bagi kebanyakan orang, plot Secret Garden terlalu tidak masuk akal tapi kisah Cinderella dianggap tidak melebihi batas.
Berikut ini beberapa serial Korea yang mengadaptasi cerita ‘perbedaan kelas’ ala Cinderella.
Love into Your Heart (1994)
Image     Cha In Pyo berperan sebagai pewaris muda dari keluarga konglomerat dengan kepribadian pemberontak. Karakternya diceritakan suka memakai sepeda motor dan bermain saksofon, serta jatuh cinta dengan gadis ceria namun dari keluarga miskin.


All About Eve (2000)
Image     Jang Dong Gun berperan sebagai anak dari seorang pemilik perusahaan penyiaran. Tampan dan santun, dia mempesona semua gadis dan berubah karakter menjadi agresif dan ambisius dalam mencapai keberhasilan dalam karir dan cinta.



Lovers In Paris (2004)
Image     Karakter Park Sin Yang adalah pewaris konglomerat. Meskipun sombong dan percaya diri, dia terluka dari kehidupan cinta masa lalu (perceraian) dan tidak memiliki kemampuan untuk menghadapi kehidupan sehari-hari, memperlihatkan kelemahannya namun memungkinkan dia untuk membuka diri terhadap perhatian orang lain.

Something Happened in Bali (2004)
Image     Lee Soo Jeong (Ha Ji Won) adalah seorang yatim piatu yang bekerja sebagai pemandu wisata di Bali. Dia berjuang untuk memenuhi kebutuhan dan bercita-cita untuk keluar dari keadaan yang sekarang. Dia kemudian bertemu dengan seorang pria kaya raya, Jeong Jae Min (Jo In Sung), putra bungsu dari konglomerat Korea. Dia tidak tertarik di dunia bisnis, tidak bertanggung jawab, sombong, kekanakkanakan, egois dan playboy. Dia bertunangan dengan Choi Young Joo (Park Hye Jin) yang berasal dari keluarga kaya dan berkuasa, tapi tidak jatuh cinta kepadanya.

Princess Hours (2006)
Image     Joo Ji Hoon menjadi pengeran Lee Shin, putra mahkota Korea yang digambarkan sebagai seseorang yang sombong, acuh tak acuh, tidak peduli dengan sekitarnya. Setelah putus dengan pacarnya, dia akhirnya bersedia menerima perjodohannya dengan Shin Chae Kyung (Yoon Eun Hye). Pada awalnya, dia kesal melihat kenaifan dan antusiasme Chae Kyung, tapi ketika dia menyadari betapa manisnya Chae Kyung, dia mulai membuka hatinya untuk Chae Kyung dan jatuh cinta.

Boys Before Flowers (2009)
Image     Goo Jun Pyo (Lee Min Ho) adalah anak nakal manja prototipikal kurang ajar dari keluarga bangsawan. Dia terbang ke Kaledonia dengan jet pribadinya pada akhir pekan dan mengancam teman sekelas dengan kebangkrutan. Tapi begitu membuka hatinya untuk Geum Jan Di (Ko Hye Sun) yang berasal dari keluarga pas-pasan, Jun Pyo rela melakukan semuanya.

Secret Garden (2010)
Image     Karakter Hyun Bin meminjam ciri-ciri pewaris dari drama masa lalu, arogansi yang digabungkan dengan sifat lembut dan keterampilan kepemimpinan yang baik. Ketika dia jatuh cinta dengan seorang wanita dari latar belakang yang jauh berbeda, dia bingung oleh fakta bahwa sesuatu yang dia tidak pernah ada dalam pikirannya bisa terjadi. 
 source : asiangrup

pendapat dhicca : ya ya ya cerita cinderella emang gak pernah bosan. tpi drama korea selalu bikin cerita cinderella yg berbeda dari cerita yg asli. itulah yg menjadi nilai plus drakor.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

all about me

Foto saya
welcome to my blog blog ini menyediakan berbagai sajian khusus all about asian stars, khususnya fashion and style, real fact celebrities, foto-foto pre-debut dan masa kecil asian stars, juga info-info menarik lainnya. apabila yang kalian cari tidak ada diblog saya, silahkan request di kolom komentar or di kolom chat. mohon jangan menjadi pembaca gelap yaa^^ tetap harus tinggalkan jejakmu dikolom komentar atau chat demi menyemangati pembuat blog^^ silahkan copas info yang ada disini dengan catatan menyertakan link hidup dari blog ini^^ dhicca

My Blog List

My Journey

My Journey

Term of Use

http://2.bp.blogspot.com/-82VW8oB9KPQ/TwWccng_CiI/AAAAAAAAABM/C1W2cI5O6Yg/s1600/584776qvkek99ty3.gifdunia asia Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino | Blogger Styles | Best Credit Card Offers